Pekalongan – Masuk musim kemarau, sudah mulai membawa dampak bagi sebagian petani di wilayah Kabupaten Pekalongan, tidak terkecuali petani di desa Kalipancur Kecamatan Bojong, kabupaten pekalongan.

Terlihat petani Casmoyo didampingi Babinsa serka Samsuri sedang menghidupkan pompa air guna memenuhi kebutuhan air di area persawahan miliknya. “ tanah sudah mulai mengering, dan kita gunakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air untuk tanaman padi ini pak,” ungkap Casmoyo,”Kamis (4/7/2019) sambil menghidupkan mesin pompanya.

Dikatakan Syamsuri, musim kemarau yang baru berjalan beberapa bulan ini membuat sebagian area persawahan di daerah Bojong khususnya sudah mulai kekurangan air, sehingga para petani sudah mulai menggunakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman padi di sawah-sawah mereka.

“Tentunya ini memerlukan biaya tambahan, karena para petani harus mengeluarkan uang untuk membeli bensin guna menghidupkan pompa air untuk memenuhi kebutuhan air di sawah -mereka,”ucap syamsuri.

Dirinya juga terus menyemangati para petani agar tidak patah semangat dalam menggarap dan memelihara tanamannya, walaupun terasa berat karena sulitnya mendapatkan air, namun guna mencapai ketahanan pangan segala upaya harus tetap dilakukan dan salah satunya adalah dengan menggunakan pompa air.

“ Kita terus beri semangat kepada para petani, walaupun dengan kesulitan yang ada, ini semua demi cita-cita kita bersama dalam mensukseskan ketahanan pangan daerah dan nasional,”pungkasnya.(rus/red)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: