Pekalongan - Seiring dengan merebaknya hama tikus yang sudah meresahkan para petani, TNI dari Koramil 08/Bojong Kodim 0710/Pekalongan bersama -sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pekalongan, PPL, perangkat desa serta para petani setempat melaksanakan pembasmian hama tikus.

Pembasmian atau sering di sebut dengan gropyokan tikus tersebut dilakukan di area persawahan, desa kalipancur, kecamatan Bojong, kabupaten Pekalongan, kamis(27/6/2019).

Danramil 08/Bojong Kapten Infanteri Nurkhan saat di konfirmasi mengenai kegiatan tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan gropyok tikus dilakukan lantaran sudah adanya laporan dari para petani, yang mengaku tanaman padinya di serang hama tikus tersebut.

" Berdasarkan laporan warga dan pantauan babinsa di lapangan, sudah ada tanaman padi yang terserang hama tikus tersebut,"jelasnya.

Lanjutnya, hama tikus ini menurutnya sangat berbahaya apabila tidak segera di atasi, karena akan bisa menghabiskan batang tanaman padi yang sedang tumbuh dan bisa mengakibatkan gagal panen.

" Hama tikus ini kalau dibiarkan sangat berbahaya, karena bisa habis batang padi tersebut, dan yang jelas petani akan bisa gagal panen apabila tidak segera di basmi,"lanjutnya.

Pembasmian hama tikus tersebut dilakukan secara bersama- sama dan serentak guna mendapatkan hasil yang maksimal, serta mencegah agar perkembangan biakan hama tidak pesat.

"Melalui gerakan gropyok tikus ini, kita berharap akan mampu membasmi hama tikus tersebut, sehingga tanaman padi bisa tumbuh normal dan subur serta produksi padi bisa meningkat,"pungkas Danramil.(rus/red)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: