Sapulidi.com, Brebes – Sesuai dengan namanya yaitu Babinsa atau Bintara Pembina Desa, tugas dan tanggung jawabnya sangat komplek dan tak hanya soal operasi militer, bencana alam maupun pertanian saja. Namun kaderisasi melalui perkuatan Hankam masyarakat sebagai kekuatan cadangan dalam mengawal NKRI pun dilakukan.


Nampak Babinsa Cihaur Serka Suyitno bersama rekannya Serda Sulis Kurniawan dari Koramil 14 Banjarharjo, membekali 120 orang Gerakan Pemuda (GP) Ansor dengan pelatihan PBB militer dalam kegiatan PKD dan Diklatsar Ansor Angkatan I Kecamatan Banjarharjo di Halaman MTS Al Falah Cihaur. Minggu (3/2/2019).

Upaya yang dilakukan kedua anggota Kodim 0713 Brebes tersebut merupakan penggalangan dalam Sishankamrata (Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta), dimana setiap warga negara mempunyai kewajiban dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Disampaikan Suyitno bahwa, kegiatan juga dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat khususnya Ansor untuk ikut ambil jatah membantu tugas TNI melalui pendekatan persuasif, edukatif dan partisipatif. “Sewaktu-waktu para Anshor ini dapat kita gerakkan guna membantu masyarakat lainnya di wilayah Kabupaten Brebes semisal penanganan bencana alam, pengamanan Pemilu, mata dan telinga petugas dalam mengantisipasi terorisme serta menjaga kondusifitas wilayahnya sendiri,” tegasnya.

Sementara Ketua Panitia, M. Tamrin, Sp.Di, menyatakan perlunya masyarakat mewarisi sifat-sifat nasionalisme sehingga TNI Indonesia jumlahnya 265 juta jiwa. (Aan0713/rusg).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: