Pekalongan - Tak ingin daerahnya dilanda banjir, ratusan warga Kelurahan Kuripan Yosorejo, Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan bersama  jajaran OPD Pemerintah Kota Pekalongan seperti  BPBD,DPUPR, DLH,PSDA dan TNI dari Kodim 0710/Pekalongan melakukan aksi gotong-royong membersihkan sampah yang berada di aliran Sungai Kuripan, Jumat (22/02)

Kegiatan ini dilaksanakan karena di lokasi tersebut banyak sampah yang menyangkut di bawah jembatan Kuripan Yosorejo di karenakan terbawa derasnya air pada saat hujan lebat yang mengguyur wilayah atas.

Lurah Kuripan Yosorejo, Untung Siswanto, mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan usulan dari warganya yang resah dengan adanya timbunan sampah yang menyangkut di tengah maupun di pinggir sungai. Terlebih di bawah jembatan, banyak ranting pohon dan  kayu besar yang menghambat lajunya air. Usulan warga tersebut langsung direspon baik oleh Untung sehingga dirinya segera menghubungi dinas terkait untuk meminta dibersihkan secara sinergi.

“Kami kerjabakti dalam rangka pasca banjir bulan kemarin (Januari) pohon-pohon yang ada di sebelah Selatan sungai pada tumbang dan menyangkut di bawah jembatan. Warga khawatir kalau sampahnya tidak diangkat, jembatannya akan rusak sehingga kami dari kelurahan dengan masyarakat menggiatkan kerja bakti membersihkan sampah seperti ranting pohon dan kayu serta sampah lainnya yang menyangkut di bawah jembatan. Kami juga meminta bantuan dari dinas terkait dan pihak Kodim 0710/Pekalongan untuk membantu pembersihan sampah tersebut,” ucap Untung.

Kapten Wiyoto Danramil 20/Pekalongan Selatan sangat merespon dan mendukung mendengar akan adanya kegiatan seperti ini, karena selain ini hal yang sangat positif juga akan sangat berdampak terhadap lingkungan agar tidak menimbulkan kan polusi udara dengan bau yang kurang sedap yang di hasilkan dari sampah yang menumpuk dan nantinya akan lebih memperlancar aliran air di sungai itu sendiri.

Kami siap membantu setiap saat bila di minta bantuan untuk melaksanakan kegiatan seperti ini,dan kamipun berharap kegiatan kerjabakti ini bisa di laksanakan secara rutin ke depan dengan melibatkan para warga dan komunitas serta OPD terkait yang nantinya akan lebih  menggiatkan para warga untuk senantiasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya agar tidak terjadi banjir," pungkasnya.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: