Brebes – Pabrik Gula (PG) Banjaratma Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes merupakan cagar budaya berusia 110 tahun peninggalan penjajah Belanda. Bangunan yang dibangun pada tahun 1908 oleh Perusahaan Gula N.V. Cultuur Maatschappij (perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam).

Masyarakat setempat percaya bahwa hantu “Noni Yolanda” anak pejabat administratur PG asal Belanda, adalah salah satu penghuni bekas pabrik gula ini. Kini, pabrik yang terakhir kali beroperasi pada tahun 1997 ini, suwung dan terkesan angker. Tutupnya pabrik diakibatkan kerugian secara terus menerus, biaya operasional tak sebanding dengan keuntungan.


Konon, Noni Yolanda adalah salah satu korban pembantaian keluarga Belanda saat perebutan penguasaan pabrik dari tangan Belanda di masa nasionalis radikal oleh perlawanan masyarakat. Yolanda bukan termasuk korban pembantaian, namun saat terjadi pengepungan rakyat yang mulai masuk di perumahan sekitar PG, dirinya mencoba melarikan diri karena ketakutan dari amuk massa. Naas, saat berlari, ia terjatuh sehingga matanya tertancap besi tajam dan akhirnya tewas seketika. Jenazahnya dimakamkan di negeri asalnya. Penampakan Noni Yolanda biasanya berwujud seorang gadis dengan pakaian pengantin yang sangat cantik, namun terkadang berwujud gadis biasa dengan mata dan wajah penuh darah.
Kini, pabrik tersebut sudah disulap menjadi rest area kilometer 260 B Ruas Tol Pejagan-Pemalang dan telah ditinjau oleh Gubernur Jateng, H. Ganjar Pranowo, saat kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Brebes guna melihat progres pembangunannya. "Luar biasa, ini akan menjadi the best rest area nasional dan bisa juga De Tjolomadoe kedua," ucap Ganjar. Rabu sore (16/1/2019).

Rest Area Tipe-A ini akan dilengkapi dengan fasilitas seperti masjid, SPBU, bengkel, klinik, taman bermain dan tempat parker sangat luas. Terlihat foto bersama dari kiri, Serma Ujang (Penerangan Kodim 0713 Brebes), Lusi (Kabid Diskominfotik Brebes) dan Bripka Sarinto (Humas Polres Brebes, sedang berfoto dengan background akar beringin yang tumbuh terjuntai dari atas PG. (Aan0713/rusg).

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: