Brebes – Wilayah Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes juga menjadi langganan banjir saat musim penghujan tiba, terlebih periode Januari-Februari 2019 yang menjadi puncaknya. Tak ingin sarana umum, pemukiman dan areal sawah dan tambak terendam kembali, ratusan masyarakat membersihkan Kaligondang. Jumat (11/1/2019).


Penduduk sekitar kali, bersama Aparatur Pemerintah Kecamatan dan seluruh Kepala Desa Se-Jatibarang, TNI, Polsek serta Ormas, bergotong-royong mengangkat sampah.

Disampaikan Danramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes, “Upaya bersama Muspika ini guna menggugah rasa malu warga agar lebih peduli dengan lingkungan, sehingga mau membersihkan serta tidak membuang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Untuk sampah yang berat seperti batang bambu yang menjadi sumber tersangkutnya sampah khususnya di bawah Jembatan Desa Klikiran serta Jembatan Breng-breng, mereka menggunakan tali untuk mengikatnya dan menariknya ke darat untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir. Potongan bambu tersebut berasal dari sisa aktivitas warga yang tak terpakai.

Antusias gabungan ini, diapresiasi Plt. Camat, Subagiyo selepas kegiatan. Pasalnya selain menghindarkan banjir, juga estetika lingkungan DAS. (Aan0713)

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: