Brebes – Nilaparvata lugens atau WBC, adalah hama Wereng Batang Coklat type 1 dan 2, adalah hama yang menjadi momok para petani padi, di Desa Dukuhjeruk Kecamatan Banjarharjo pun demikian. Tak mudah memang usaha mereka untuk mensejahterakan keluarganya, seperti halnya Sutardi (52) dari Poktan Sri Rejeki.


Sutardi, terlihat mendapatkan suntikan spirit dari Serda Muslimin Babinsa Koramil 14 Banjarharjo Kodim 0713 Brebes di sawah. Tak hanya itu saja, Muslimin juga terjun membantu Ibu-ibu buruh tani guna melakukan penyemprotan massal dan pemupukan di sawah seluas 0,5 hektar milik lelaki paruh baya tersebut. Sabtu pagi (12/1/2019).

Pencegahan wereng dan penyakit tanaman padi lainnya, dilakukan guna mencegah berkembangnya hama termasuk ke areal sawah lainnya, karena apabila hama tersebut tidak segera diatasi bisa mengakibatkan gagal panen.

“Untuk penyemprotan insektisida dilakukan pada waktu yang tepat yaitu pagi hari, ini untuk menghindari hujan agar hasilnya lebih maksimal membunuh hama,” ungkap Sutardi sembari mengapresiasi Babinsa. (Aan0713).

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: