Sapulidi.com, Brebes – Bencana longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Tebing bukit Gunung Lio tepatnya di Desa Bandungsari, longsor sehingga menutup akses jalan provinsi Kecamatan Banjarharjo-Salem (perbatasan kedua kecamatan).

Hal ini disampaikan Pjs. Danramil 13 Salem, Pelda jahri melalui sambungan whatsapp. Sampai saat berita ini diturunkan, akses belum dapat dilewati baik roda dua maupun empat.

“Saat ini para pengguna jalan, dibantu masyarakat dan TNI sedang membersihkan material longsoran dengan peralatan seadanya, walaupun masih dalam kondisi hujan. Chainsaw juga digunakan untuk memotong batang dan ranting kayu,” ungkapnya, Minggu malam, 19.00 WIB (20/1/2019).

Jahri juga menambahkan, ditempat terpisah namun masih di jalan provinsi tersebut, tepatnya di Desa Pasirpanjang, air Sungai Cipangurudan volumenya juga bertambah dan mulai menutup jalan. Diketahui jalan ini adalah jalan baru yang dibuat melalui swadaya masyarakat untuk menggantikan jalan lama yang hilang tersapu longsor nasional Pasirpanjang Salem, pada 22 Februari 2018 lalu. Walaupun masih dilabeli zona merah, namun masyarakat dan pengguna jalan lainnya, lebih memilih akses ini daripada memutar melalui jalan baru yang telah dibuat pemerintah sepanjang 8,7 kilometer, dengan mulut jalan tepat di depan Objek Wisata Kalibaya.

Tak ada korban jiwa dalam musibah yang dipicu hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Salem dan sekitarnya mulai pukul 13.00 WIB.

“Saya menghimbau kepada para relawan yang bekerja, agar lebih meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan faktor keselamatan, karena longsor susulan bisa datang kapan saja dan ini sangat berbahaya,” tegasnya. (Aan0713/rusg)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: