Sapulidi.com, Brebes – Monitoring harga GKP (Gabah Kering Petani) dan beras di wilayah Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, dilakukan Babinsa Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, Sertu Sampara. Inspeksi dilakukannya ke rice mill/penggilingan beras yang berada di Desa Winduasri. Selasa (29/01/2019).

Terlihat ia melaksanakan pemantauan perkembangan harga di penggilingan wilayah binaannya, milik Suwardi (58). “Belum ada pengaruhnya sampai saat ini, namun kita harus melihat jangka panjang. Ini merupakan bagian upaya bersama untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan harga beras,” kata Sampara berharap pasca panen raya di bulan Februari nanti harga gabah dan beras di Salem stabil.

Diketahui, harga beras di Kecamatan Salem untuk medium berkisar di angka 8.000/kg, gabah antara 5.200-6.000 rupiah/kg. Sedangkan untuk harga penjual di Salem 7.800 ribu rupiah/kg, di Pasar Induk Brebes antara 8.200-8.350 ribu rupiah/kg.

Sementara dijelaskan Suwardi, “Harga gabah dan beras bertambah naik walaupun musim tanam dan panen. Para petani belum bisa menurunkan harga gabah dan beras saat ini karena belum waktunya panen raya,” ungkapnya.

“Mungkin nanti setelah panen raya, harganya akan turun mengikuti harga pasaran,” imbuh sang pemilik rice mill. (Aan0713/rusg).

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: