Pekalongan – Sebanyak 153 grup atau sedikitnya 7.500 pemain drum band dari pelajar tingkat  TK/RA/BA (54 grup), SD/MI (75 grup) dan SMP/MTs (24 grup) se Kabupaten Pekalongan mengikuti "Kajen Gemuruh 5" di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Minggu (19/8/2018). Acara itu diselenggarakan oleh Pemkab Pekalongan  dalam rangka merayakan HUT Ke-73 Republik Indonesia dan Hari Jadi Ke-396 Kabupaten Pekalongan.

Hadir dalam acara Kajen Gemuruh 5, Wakil Bupati Ir. Hj. Arini Harimurti, Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Muhammad Ridha, SS.S.IP., Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ny. Hj. Munafah Asip Kholbihi, Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM., serta para kepala OPD Kabupaten Pekalongan.

Para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, diminta bersama-sama memainkan 3 lagu yakni Garuda Pancasila membentuk konfigurasi AG 18 (ASIAN GAMES ke 18), Hari Merdeka konfigurasi RI 73 (HUT ke 73) dan Maju Tak Gentar konfigurasi 1266 (hari lahir Kabupaten Pekalongan), dipantu seorang mayoret yang bediri di tengah.

Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, mengatakan bahwa acara itu bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat serta talenta siswa yang menjadi kekayaan khusus bagi kabupaten Pekalongan, terutama semangat dan partisipasi masyarakat kabupaten Pekalongan.

“Kajen Gemuruh telah dilakukan sebanyak 5 kali dalam lima tahun ini yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari perigatan HUT ke-73 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-396 Kabupaten Pekalongan. Diikuti oleh sekitar 7500 siswa dari 153 grup drum band di sekolah se-kabupaten Pekalongan dan di tahun 2018,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menuturkan selain Kajen Gemuruh dan resepsi, juga akan diadakan acara dari puncak Hari Jadi Kabupaten Pekalongan, yaitu pawai budaya untuk mengelaborasi dari perjalanan panjang berdirinya Kabupaten Pekalongan, “Pawai ini nanti akan dimulai dari tokoh Ki Ageng Cempaluk  yang ada di Kesesi menuju pendopo yang diiringi dengan kereta. Kemudian nanti akan diadakan pula rapat paripurna istimewa dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pekalongan tanggal 25 Agustus nanti.” Tutur Bupati.

Dalam pagelaran Kajen Gemuruh ke-5 tahun 2018 tersebut, panitia juga melakukan penilaian bagi seluruh peserta. Untuk juara drumband pada Kajen Gemuruh dibagi tiga tingkatan, tingkatan pertama dari TK/RA yang dijuarai oleh TK Batik Wonopringgo (Juara 1), TK Muslimat NU Gembong (Juara 2), RA Muslimat NU Pakis Putih (Juara 3), tingkatan ke dua dari SD/MI yang di dijuarai oleh SDI YMI Wonopringgo (Juara 1), sdn o1 Wonopringgo (Juara 2), SDN 01 Paninggaran (Juara 3), dan tignkatan ke tiga dari SMP/MTs yang di juarai oleh dijuarai oleh MTs YMI Wonopringgo (Juara 1), MTs Muhammadiyah Kajen (Juara 2), dan SMP Al-Fusha Kedungwuni (Juara 3).**red(pendim 0710 pekalongan)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: