Purbalingga -  Curah hujan cukup tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Purbalingga pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2017 mengakibatkan terjadinya bencana alam tanah longsor yang menimpa rumah milik sdr. Solihin di Dusun pule Desa Jingkang RT.03 RW.04 Kec.Karangjambu sekitar pukul 21.00 wi.  Hal ini diakibatkan juga oleh tanah yang labil serta bangunan rumah yang berada dibawah tebing. Sehingga mengakibatkan 4 orang meninggal dunia tertimbun longsor dan 6 orang mengalami luka-luka (22/2). 

Kejadian berawal pada saat sdr. Solihin sedang melaksanakan pengajian Tahlil dalam rangka khajatan tiba-tiba terdengar suara bergemuruh yang berasal dari tebing belakang rumah serta lampu rumah padam,  disusul dengan terjadi longsor yang menimpa rumah kemudian warga yang berada didalam rumah lari keluar untuk menyelamatkan diri. 
Namun masih ada anggota keluarga yang berada di dalam kamar tidur yang tidak sempat untuk menyelamatkan diri dan akhirnya menjadi korban tertimbun tanah longsor. Kemudian warga bersama-sama dengan pihak Koramil 09/Karangreja, Polsek Karangreja dan pemerintahan Desa Jingkang melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimbun,namun korban ditemukan sudah meninggal dunia.

Dari hasil evakuasi yang dilaksanakan,  didapatkan data-data korban yang meninggal dunia antara lain korban pertama saudara Alkaromi Bin Nurofik (7 Thn ) status Pelajar dengan hasil pemeriksaan luka lebam dibagian muka,hematum tengkorak belakang, luka lecet pada kaki kiri, korban kedua saudara M.Sifaul Umam bin Solihin (9 thn), dengan hasil pemeriksaan mengalami luka lebam mata kiri, korban ketiga sudara Safangatul Isman bin Suyanto (3 thn), dengan hasil pemeriksaan mengalami luka hematum pada mata dan hidung, pendarahan hidung.  Korban keempat saudara Abdul Roup bin Sukimin (11 thn) dengan hasil pemeriksaan mengalami luka pendarahan hidung, hematum tengkorak belakang. 

Sementara korban yang mengalami luka-luka antara lain luka berat ada satu orang atas nama  Bpk.  Sahrudin (55 th) pekerjaan tani dengan luka patah tulang pada paha sebelah kiri dan dirawat RSUD Goetheng Tarunadibrata-Purbalingga.  Sementara 5 orang mengalami luka ringan lecet-lecet antara lain Bapak. Sohimin (38 th),  Bpk Ruslan (25 thn), Sdr Ojan (16 thn), Bpk. Sarip (35 thn) dan Sdr Karsun (16 thn). Untuk  korban luka ringan langsung dirawat d Puskesmas Karangjambu malam itu juga. Kesemua korban baik yang meninggal dunia maupun yang mengalami luka-luka adalah warga  Desa Jingkang RT.03 RW.04 Kec.Karangjambu.
Korban meninggal dunia maupun korban selamat langsung dievakuasi Balai Desa Jingkang.  

Tindakan yang dilaksanan oleh aparat Koramil 09/Karangreja setempat adalah koordinasi dengan Pemerintah Desa Jingkang, BPBD Kab.Purbalingga, PMI Purbalingga dan BASARNAS Kab.Purbalingga untuk penanganan lebih lanjut. 

Koramil 09/Karangreja melalui Babinsanya Serda Sebo Kahono menghimbau kepada warga Desa Jingkang terutama yang berada di wilayah RT.03 RW.04 agar warga lebih waspada dan berhati-hati serta selalu mengantisipasi datangnya longsor susulan. Terutama kepada warga yang bertempat tinggal dibawah tebing (Pendim 0702/Pbg).
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: