BREAKING NEWS

Wednesday, 10 January 2018

Pasiter Kodim 0702 Purbalingga Bersama Forkopimda Malaksanakan Panen Raya

Purbalingga. bertempat di lahan pesawahan desa Gembong Dandim 0702/Purbalingga yang diwakili oleh Pasiter Kodim Kapten Inf Ismartono melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi berama masyarakat Desa Gembong Kec. Bojongsari yang dihadiri oleh jajaran Forkompimda Kab. Purbalingga dan BPTP Provinsi Jawa Tengah. (7/1)

Kegiatan panen bersama merupakan bukti Keberhasilan pada upaya khusus ( Upsus)  Masyarakat Desa Gembonga berama sama dengan Babinsa dan PPL di wilayah Kec. Bojongsari yang di suport oleh BPTP BALITBANGTAN Jawa Tengah dan Kementerian Pertanian dalam mensukseskan progam Swasembada pangan di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden RI melalui Kementrian Pertanian.  

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekertaris BPPSDMP Kementan (DR. Ir Surachman Suwardi, MP), Kepala BPTP Jateng (DR. Ir Harwanto, MSi), Dandim 0702/Pbg yang diwakili Pasi Ter (Kapten Inf Ismartono), Bupati Purbalingga yang diwakili Asisten Ekonomi dan pembangunan (Drs. Widiyono, MSi), Kepala Dinas Pertanian Purbalingga (Ir Lili Purwati), Kabulog Purbalingga (Setio Wastono), Danramil 04/Kts (Kapten Inf Yanotama Jaya), Camat Bojongsari (Drs. Sulistyarno, MT), Danposramil Bojongsari (Peltu Misroni) beserta para Babinsa, Kepala BP3K Kec. Bojongsari beserta para PPL, Kedes Gembong (Karsono) beserta para perangkat, Para Gakpotan dan Petani Kec. Bojongsari. 

Kepala Dinas Pertanian Kab. Purbalingga (Ir Lili Purwati) dalam sambutanya mengatakan bahwa Purbalingga telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan di bidang pertanian, program tersebut di arahkan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi petani. 

bahwa persoalan pertanian memang semakin kompleks seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang mengakibatkan peningkatan pertumbuhan kebutuhan, dengan kerja keras, kerja ikhlas kita dapat melaksanakan panen raya padi bersama diharapkan sektor pertanian di Purbalingga yang menjadi sumber penghidupan sebagaian besar masyarakat Purbalingga bisa menjadi andalan serta kebutuhan pangan dapat tercukupi 

sementara itu Pasiter Kodim yang mewakili Dandim 0702/Purbalingga pada saat wawancara Persnya mengatakan, Kodim 0702/Purbalingga melaui para Babinsa jajaranya akan terus melakukan pendampingan dalam rangka turut serta mensukseskan program Swasembada pangan yang di canangkan oleh Presiden RI

Babinsa memang menjadi motivator, fasilitator, dinamisator dan bahkan ada yang mampu menjadi innovator bagi kelompok tani di lapangan. Apapun sebutannya, Babinsa akan selalu melakukan pendampingan dengan tujuan akhir tercapainya program swasembada pangan. sejauh ini peran Babinsa itu sudah mulai dilakukan secara bertahap dan mulai meluas baik dalam cakupan wilayah binaannya maupun kualitas pendampingan di semua wilayah.

ketika ada daerah yang belum terdapat tenaga penyuluh pertanian, Babinsa bisa mendampingi dan memotivasi petani agar bercocok tanam dengan tata kelola yang baik. Mulai dari pembenihan, menanam, saat terjadi serangan hama atau terjadi masalah dengan irigasi, hingga penanganan saat masa panen tiba. Namun manakala penyuluh hadir di desa itu, maka sepenuhnya tugas itu dilaksanakan oleh penyuluh, Babinsa hanya memberi dorongan semangat kepada para petani, Ungkapnya. (Pendim 0702)
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.