Purbalingga. Upaya khusus (Upsus) peningkatan hasil panen padi dalam rangka ketahanan pangan yang merupakan implementasi dari program swasembada pangan, kembali digiatkan oleh Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto dan jajarannya. (9/1)

Untuk suksesnya program swasembada pangan nasional, Danramil 01/Purbalingga beserta jajaranya tidak sungkan sungkan turun kesawah untuk membantu petani lakukan percepatan tanam padi .

Memasuki awal tahun 2018 curah hujan sudah dirasakan, walaupun intensitasnya tidak merata.Kesempatan ini pun tidak disia-siakan para petani di Kelurahan Bancar untuk kembali menanam padi, adapun lahan yang ditanami sekitar 1 Ha dengan bibit varietas Jelita dengan menggunakan pola tanam jajar legowo. 

Menurut Danramil 01/Purbalingga Kapten Caj Purwanto mengaku tanam padi dengan sistem Jajar legowo yang harus dikembangkan, Penerapan sistem tanam jajar legowo akan memberikan hasil maksimal dengan memperhatikan arah barisan tanaman dan arah datangnya sinar matahari. 

Lajur barisan tanaman dibuat menghadap arah matahari terbit agar seluruh barisan tanaman pinggir dapat memperoleh intensitas sinar matahari yang optimum dengan demikian tidak ada barisan tanaman terutama tanaman pinggir yang terhalangi oleh tanaman lain dalam mendapatkan sinar matahari 

memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah,  pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa, ungkap Danramil 01/Purbalingga di sela sela kegiatan tersebut. (Pendim 0702)
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: