BREAKING NEWS

Thursday, 11 January 2018

Hasil panen melimpah Poktan Subur Makmur sejahtera

Batang - Kelompok Tani Subur Makmur Desa Kebondalem Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, pada 10/01 melaksanakan panen raya dengan dihadiri oleh Pasiwanwil Sterrem 071/WK (Mayor Inf Amir Makruf), Kasdim 0736/Batang (Mayor Inf Raji), Danramil 03/Gringsing (Kapten Inf Sugito), Ketua Gapoktan (H.Imam Sairin), pemilik lahan (Bapak Suprayetno) dan BP3K Kecamatan Gringsing.

Panen padi kali ini merupakan panen yang terbilang menggembirakan karena secara sepintas di lapangan hasilnya cukup banyak, diharapkan panen hari ini mampu untuk memotivasi para Gapoktan yang lain guna lebih giat memproduksi padi secara semaksimal mungkin dan sesuai dengan apa yang telah diarahkan oleh para PPL dan Babinsa di lapangan.

Jika semua ini terjadi di seluruh Kabupaten Batang, saya yakin Kabupaten Batang tentu akan mampu menjadi lumbung padi dan sebagai gudang beras di Provinsi Jateng seperti yang dikatakan oleh Mayor Inf Amir di sela sela pelaksanaan panen tersebut.

Dari waktu ke waktu, upaya mempertahankan produksi beras di Kabupaten Batang terus menghadapi tantangan yang sangat berat, terlebih luas lahan pertanian yang ada di wilayah Kabupaten Batang dari tahun ke tahun semakin menyusut, hal tersebut juga karena adanya berbagai macam pembangunan infrastruktur berskala nasional seperti pembangunan Rel ganda tahun 2014, jalan tol Pemalang - Batang dan Batang - Semarang yang masih dalam tahap pembangunan serta Mega Proyek PLTU di pesisir Ujungnegoro.

Sejumlah langkah sudah dilakukan Pemerintah daerah Batang bekerjasama dengan Instansi terkait dan Kodim 0736/Batang sebagai bentuk usaha dalam menyiapkan lahan pertanian dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan kedaulatan pangan di Indonesia.

Adapun jenis padi yang dipanen berjenis Situbagendit dengan luas lahan 1.5 Ha dan bisa menghasilkan gabah 9 Ton. (Pendim 0736/Batang).

 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.