BREAKING NEWS

Wednesday, 10 January 2018

BABINSA KORAMIL 08/BOBOTSARI TANAMKAN POLA JAJAR LEGOWO KEPADA PETANI DI WILAYAHNYA.

Purbalingga. Sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan, jajaran Kodim 0702/Purbalingga  turut serta melaksanakan pendampingan menanam padi di beberapa wilayah masing-masing Koramil jajaran Kodim.(8/1)

Inilah yang dilakukan salah satu Babinsa anggota Koramil Bobotasri, Sertu Nanang Setiadi, ia membantu petani menanam padi di sawah milik salah satu kelompok tani di wilyah binaannya dengan pola Jarwo (Jajar Legowo).

Penerapan sistem tanam jajar legowo akan memberikan hasil maksimal dengan memperhatikan arah barisan tanaman dan arah datangnya sinar matahari. Lajur barisan tanaman dibuat menghadap arah matahari terbit agar seluruh barisan tanaman pinggir dapat memperoleh intensitas sinar matahari yang optimum dengan demikian tidak ada barisan tanaman terutama tanaman pinggir yang terhalangi oleh tanaman lain dalam mendapatkan sinar matahari.

memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah 30%,  pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa. (Pendim 0702)
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.