Brebes, Sebagai bentuk kepedulian bidang pertanian terhadap masyarakat di Desa Cikuya Kec. Banjarharjo Kab. BrebesAnggota SatgasTMMD Brebes dengan menambah ilmu dan pengalaman Serda Danu dari Koramil 05/Losari yang bergabung dalam Satgas TMMD Brebes menyempatkan menimba ilmu bersama Bapak Ruslan (48) dan Ibu Uun (43) di Dukuh Kopi Rt 03 Rw 04 Desa Cikuya Kec. Banjarharjo Kab. Brebes, Sabtu (07/10/2017). 

Dihadapan Bapak Ruslan, Serda Danu Anggota Satgas TMMD Brebes, menerima penjelasan tentang mencangkok merupakan salah satu cara pengembang biakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya atau tanaman asli. Tumbuhan yang dicangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka seperti durian, rambutan, sawo, jambu, duku dan lain-lain.

Dalam belajar mencangkok tersebut, Serda Danu menerima teori sekaligus praktek dari Bapak Ruslan yang dimulai dengan pemilihan cabang tanaman yang akan dicangkok, mengerat batang untuk menghilangkan kambium dengan cara mengeriknya menggunakan pisau, mengeringkan getah dan melapisi batang dengan tanah gembur serta membalutnya dengan plastik yang diikat dengan tali rafia.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment: