BREAKING NEWS

Friday, 10 November 2017

Bersihkan monumen untuk mengenang kembali pejuang Tulis

Batanh - Era tahun 1945 - 1949 merupakan tahun dimana bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan, sehingga sudah tidak menjadi rahasia lagi di beberapa tempat atau wilayah menjadi saksi bisu, dimana pertempuran terjadi dimana-mana untuk mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

Pada 09/11 pagi anggota Koramil 12/Tulis mengajak komponen masyarakat untuk membersihkan dan melaksanakan pengecatan tempat yang menjadi saksi perjuangan rakyat melawan penjajah yang berada di daerah Simbang Desa Kecamatan Tulis Kabupaten Batang, tempat tersebut menjadi saksi dimana rakyat Tulis melakukan perjuangan untuk melawan penjajah. Untuk mengenang perjuangan rakyat Tulis maka di sana dibangun Monumen yang dinamakan "Monumen Perjuangan Rakyat Tulis".

Jembatan Sasak yang letaknya di Dukuh Bembem Desa Simbangdesa Kecamatan Tulis adalah tempat dimana pada zaman dahulu  telah terjadi pertempuran hebat antara rakyat Tulis melawan penjajah belanda dan tempat pertempurannya di atas jembatan.

Kegiatan karya bhakti dilaksanakan dalam rangka mengingatkan kembali akan jasa para pahlawan yang telah gugur di sekitar jembatan dan di Monumen perjuangan rakyat Tulis dibantu oleh para perangkat desa Simbangdesa dan pelajar SMU wilayah Kecamatan Tulis.

Kadus Bembem (Bapak Rokhidin) pada kesempatan tersebut atas nama warga Dukuh Bembem Desa Simbangdesa mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak-bapak dari Koramil Tulis, dengan adanya pengecetan dan pembersihan sekitar monumen perjuangan rakyat Tulis, sehingga Monumen sekarang kelihatan sangat bersih dan terawat.

Saya jadi ingat pesan yang pernah disampaikan oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman, beliau pernah menyatakan bahwa "Bangsa Yang Besar, Adalah Bangsa Yang Masih Menghargai Jasa Pahlawannya".
dan mengajak mari kita peringati hari Pahlawan 2017 serta kita kenang jasa pahlawan yang telah gugur demi bangsa dan negara.

Diakhir kegiatan Danramil 12/Tulis Kapten Inf M Daru menambahkan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat monument tersebut dari aksi vandalisme dan aksi lainnya yang akan merusak monumen tersebut, demikian imbuhnya. (Pendim 0736/Batang)

 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.