BREAKING NEWS

Tuesday, 3 October 2017

Serius Belajar Pembuatan Bata Di TMMD Cikuya

Brebes, Memanfaatkan waktu dikala tugas untuk belajar !.  Itu yang dilakukan oleh Sertu Jhoni, anggota Koramil Paguyangan, salah satu anggota Satgas  TMMD Reguler ke -100 Kodim Brebes, saat berada di Desa Cikuya.

''Ya sambil tugas tetapi sekaligus bisa belajar. Selama ber TMMD saya selalu belajar ilmu bahan bangunan kebetulan di desa cikuya ada pengrajin batu bata milik bapak Sekod Usia (54), baik saat pembuatan saluran air, pengaspalan jalan, dan rehab RTLH,'' ungkap Sertu Jhoni kepada tim Pendim Brebes.

Dia mengaku, untuk belajar ilmu bahan bangunan terutama batu bata, harus tahap demi tahap, yakni mulai dari penyiapan tanah dengan cara mengaduk dengan diinjak-injak sampai padet, berikut cetakan batu bata. Setelah paham, dilanjutkan belajar untuk pencetakan tanah menjadi batu bata mentah lalu dijemur sampai proses pembakaran menjadi batu bata.

Pemilik pengrajin batu bata bapak Sekod dalam kesempatannya mengatakan selain bertani juga mengembangkan industri sebagai pengrajin batu bata dengan harapan dapat membantu perekonomian keluarga, dengan fasilitas yang masih tradisional, berharap dari pemerintah ada bantuan untuk meningkatkan produksi batu bata sehingga akan memperlancar dan meningkatkan hasil produksinya, harapannya TMMD reg ke 100 di cikuya dengan pembangunan akses jalan yang nantinya bagus menjadikan akses penjualan lebih mudah dan lancar. (Pendim0713/Brebes).
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.