BREAKING NEWS

Tuesday, 24 October 2017

Derai Air Mata Seorang Nenek Impikan Rumah Layak Huni

Derai air mata warnai pertemuan anggota Satgas TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs Serda Danu dengan seorang nenek yang rumahnya mendapat program RTLH dalam gelaran TMMD Ke-100 Kodim 0713/Bbs.

Mbah Tarmah (63) warga Dukuh Cikuya Rt. 04 Rw. 02 namanya, janda tua yang hidup sebatang kara dalam kehidupan kesehariannya, keenam putra-putrinya sudah berkeluarga dan hidup terpisah jauh darinya.

Sebelum digelarnya kegiatan TMMD, ia pesimis dengan apa yang ia lakoni dalam kehidupannya, ia sudah pasrah dengan kondisi rumahnya. Menurutnya, walaupun rumahnya yang sudah tidak baik lagi dalam segi kesehatannya, yang penting baginya dapat menjadi tempat berteduh dan berisirahat melepas lelah setelah seharian berladang mencari sesuap nasi untuk menyambung hidupnya.

Ia berpendapat, entah sampai kapan rumahnya bisa diperbaiki, sementara untuk menyambung hidup susah. "Sampai matipun rumah abdi teh tetep bertembok bambu, saha eta yang mau bantu", ujarnya.

Rasa pesimis mbah Tarmah seketika itu juga sirna, setelah diberitahu Serda Danu Satgas TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs yang memberitahukan bahwa rumah mbah Tarmah masuk dalam program RTLH TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs.

Setelah mendengar keterangan dari Serda Danu tentang apa yang ia dengar rumahnya akan dibangun, ia pun dengan serta merta merangkul Serda Danu sembari meneteskan air mata dan terbata-bata menyampaikan ungkapan perasaannya.

"Hatur nuhun bapak, sampai kapanpun abdi tidak lupa jasa TNI khususnya Kodim 0713/Bbs yang telah memperbaiki rumah abdi", ungkapnya.

Ia ungkapkan bila tidak ada TMMD di desanya, entah kapan rumahnya dapat diperbaiki.

Dansatgas TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono yang juga Dandim 0713/Bbs menyampaikan rumah mbah Tarmah memang salah satu rumah dari sekian rumah yang akan di RTLH dalam TMMD ini.

"Memang benar rumah mbah Tarmah salah satu rumah yang akan di RTLH di TMMD ini, rumah mbah Tarmah kondisinya sudah tidak layak huni. Dan bahkan dinding-dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan kayu, kondisinya sudah lapuk dan lantainya sudah pecah", terangnya.

Dikatakan Dansatgas bahwa program RTLH dalam TMMD ini direncanakan dua puluh rumah yang akan di RTLH, namun melihat kondisi warga yang memprihatinkan, RTLH akan ditambah pembangunannya hingga mencapai tiga puluhan rumah.

"Mengingat waktu yang pendek dalam TMMD ini, RTLH dapat kita lanjutkan dalam program lain seperti karya bakti maupun bhakti TNI ataupun program lain yang dilaksanakan dengan bersinergi bersama pemda ataupun instansi terkait ataupun yang lainnya", terangnya.

Dansatgas berharap semoga apa yang telah didarma baktikan TNI khususnya Kodim 0713/Bbs, dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik agar pembangunan yang telah dilaksanakan ini mempunyai usia pakai lama. Begitupula dengan kebersamaan yang telah dijalin selama ini, tetap terjalin dengan baik antara TNI dengan rakyat, karena bersama rakyat TNI kuat.

 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.