BREAKING NEWS

Sunday, 29 October 2017

ANGKLUNG RANCAK BAMBU MERIAHKAN UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA


KAJEN - Dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan yang dilangsungkan di Alun-alun Kajen, Sabtu (28/10/2017), dimeriahkan oleh penampilan grup musik rampak Angklung Rancak Bambu (ARB). ARB adalah sebuah grup musik rampak pemuda-pemudi dari Desa Coprayan Kecamatan Buaran. ARB merupakan juara I pada Lomba Musik Rampak Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2017 yang gelar dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.
Grup musik rampak dibawah pimpinan Kang Mas Sulaiman, berdiri pada tanggal 28 September 2015, dengan jumlah personil 8 orang penari dan 40 pemain musik. Mereka memiliki visi dan misinya “Menyatukan Kaum Muda dalam Kegiatan Positif dan Melestarikan Warisan Budaya Bangsa”.
Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 ini, ARB mempersembahkan lagu dengan judul “Sluku-sluku Bathok”. Filosofinya adalah Sluku-sluku bathok, bathoke ela-elo (dalane menungso ing dunyo iku bunder koyo bathok ela-elo). Si romo menyang solo (hidup di dunia seperti bapak, fungsi bapak melestarikan, merawat dan mengemban amanah serta pergi menuju kesadaran yang tunggal).
Leh olehe payung moto (anugerah yang menuju kewaspadaan dan kebahagiaan). Tak jentit lolo loba, wong mati ora obah (ketika posisi manusia sujud dzohir batin kepada Tuhan, manusia tidak bisa memilih karena semua pilihan manusia dibatasi pilihan manusia yang lain). Yen urip golek becik (yang dicari dalam kehidupan adalah kebaikan dan keabadian).
Seperti filosifi yang terkandung dalam lagu Sluku-sluku Bathok, kita sebagai pemuda-pemudi bangsa harus mampu melestarikan, merawat dan mengemban amanah untuk bangsa ini. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.