BREAKING NEWS

Tuesday, 26 September 2017

Kodim 0736/Batang adakan sosialisasi RTRW untuk Hanrad

Rencana Tata Ruang dan Wilayah merupakan obyek ataupun sasaran pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Satuan Komando Kewilayahan termasuk didalamnya Kodim 0736/Batang yang berada di wilayah Kabupaten Batang. 

Ditengah hingar bingar pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan Tol dan Perumahan dengan promo kredit murahnya, ternyata ada sisi lain yang mungkin terlupakan di bidang pertahanan, selain mengurangi jumlah lahan yang produktif baik perkebunan dan pertanian. 

Kodim 0736/Batang sebagai pelaksana usaha pertahanan di Kabupaten Batang memandang dan menilai sangat perlu segera melakukan pemetaan ulang Rencana Tata Ruang dan wilayah guna kepentingan pertahanan darat. 

Hal tersebut dilakukan karena sebagai pemegang wewenang bidang pertahanan maka harus nengetahui obyek obyek yang sekarang ini telah beralih fungsi seperti lahan yang sebelumnya merupakan area persawahan menjadi kawasan padat penduduk. 

Bagi masyarakat awam mungkin kurang begitu tahu bagaimana pemetaan tersebut dilakukan, padahal apabila kita kaji lebih dalam kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan oleh ujung tombak TNI AD dalam hal ini babinsa. 

Pada 25/09 Kodim 0736/Batang melaksanakan sosialisasi RTRW ( Sosialisasi rencana tata ruang dan wilayah)  untuk kepentingan pertahanan darat dengan harapan akan tersingkronisasi data yang dimiliki oleh Kodim dan Pemkab Batang. 

Dengan dilakukan pemetaan tersebut digambarkan apabila terjadi sesuatu baik bencana ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan invansi militer akan segera dapat dikoordinasikan dimana tempat pengungsian dan tempat tempat lain yang dipersiapkan dalam rangka melindungi dan menjaga warga masyarakat, demikian sepintas ilustrasi yang disampaikan oleh Kasdim 0736/Batang pada acara pembukaan Sosialisasi di Aula Makodim kepada para Danramil dan Babinsa. 

Pada kesempatan tersebut para Danramil dan Babinsa juga mendapat materi dari Bappeda Ir. Wahyudi dan Pasiterdim 0736/Batang Kapten Inf Supirno. (Pendim 0736).
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.