BREAKING NEWS

Sunday, 30 July 2017

Warga Sasaran TMMD Disuluh Tentanag Pentingnya Sertifikat Tanah

Warga Sasaran TMMD Disuluh Tentanag Pentingnya Sertifikat Tanah
Foto  :  dok. pendim Banyumas
BANYUMAS  - Bambang Himawan, S.Si, Kasi Pengadaan Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas, memberikan penyuluhan tentang pentingnya sertifikat tanah kepada warga Desa Rempoah, yang menjadi sasaran TMMD Regulerke-99 Kodim Banyumas.  

Menurutnya, untuk memberikan perlindungan hukum terhadap si pemilik tanah dengan pentingnya memiliki tanah yang telah bersertifikat, pemerintah Berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria pada pasal 19 dinyatakan bahwa untuk menciptakan kepastian hukum Pertanahan, Pemerintah menyelenggarakan pendaftaran tanah.

Atas tanah yang telah didaftarkan selanjutnya diberikan tanda bukti hak atas tanah, yang merupakan alat bukti yang kuat mengenai kepemilikan tanah. Dalam pendaftaran tanah, girik atau petuk pajak yaitu tanda bukti pembayaran pajak atas tanah dapat disertakan untuk proses administrasi.

Pasal tersebut juga ditujukan kepada pemerintah sebagai suatu instruksi agar seluruh wilayah Indonesia diadakan pendaftaran tanah yang bersifat Recht-Kadaster atau menjamin kepastian hukum yang kemudian oleh pemerintah diberikan surat tanda bukti hak yang dinamakan “Sertifikat”. Kemudian pasal 23, 32, 38 UUPA juga memebrkan keterangan yang ditujukan kepada para pemegang hak yang bersangkutan dengan maksud agara mereka memperoleh kepastian tentang hak-haknya. *)


 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.