BREAKING NEWS

Friday, 21 July 2017

Lagi, Kasdim Suluh Belanegara ke Warga Sasaran TMMD

Lagi, Kasdim Suluh Belanegara ke Warga Sasaran TMMD
Foto  :  dok. pendim Banyumas
BANYUMAS  - Disela-sela kesibukannya mengendalikan pelaksanaan TMMD Reguler ke-99 Kodim 0701/Banyumas di Desa Rempoah, Kecamatan Baturden, Kasdim Banyumas, Mayor Inf.  Moh.Mastur juga memberikan penyuluhan di gelaran non fisik TMMD tersebut. Materi yang dibawakannya adalah tentang  Bela Negara sebagai hak dan kewajiban warga negara.

Sikap dan perilaku yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara demi kelangsungan hidup bangsa dan negara merupakan pengertian bela negara. Sebagai wujud pengabdian kepada bangsa dan negara, pembelaan negara dilakukan dengan penuh tanggung jawab, tanpa pamrih, dan rela berkorban.

Warga negara merupakan salah satu unsur utama bagi keberadaan suatu negara, untuk itulah warga negara mempunyai kewajiban membela negara. Apa yang akan kita lakukan jika rumah tempat tinggal kita dirusak oleh orang lain? Mestinya kita akan mempertahankan agar tempat tinggal kita tidak dirusak orang lain. Demikian juga sebagai warga negara yang baik, tentu kita akan bersikap sama jika negara kita diserang oleh negara lain.

Hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara termuat dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat (3). Pasal tersebut menyatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Hal ini berarti bahwa sebagai warga negara, kita memiliki hak sekaligus kewajiban untuk membela negara. *)


 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.