BREAKING NEWS

Thursday, 27 July 2017

Desa Sasaran TMMD Disuluh Pengelolaan Bak Sampah

Desa Sasaran TMMD Disuluh Pengelolaan Bak Sampah
Foto  :  dok. pendim Banyumas
BANYUMAS  -  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas juga ambil peran di sasaran fisik TMMD Reguler ke-99 Kodim 0701/Banyumas dengan desa sasaran Desa Rempoah, Kecamatan Baturaden.

Adalah Bambang Muharyono, ST, yang malakukan penyuluhan, dengan menyampaikan materi pengelolaan sampah dengan sistem 3R (riduce reuce reeycle) dan penggunaan bak sampah.

Penerapan sistem 3R dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Reduce (mengurangi sampah dengan mengurangi pemakaian barang atau benda yang tidak terlalu kita butuhkan).  Kurangi pemakaian kantong plastik. Biasanya sampah rumah tangga yang paling sering di jumpai adalah sampah dari kantong plastik yang dipakai sekali lalu dibuang. Padahal, plastik adalah sampah yang perlu ratusan tahun (200-300 tahun) untuk terurai kembali. Karena itu, pakailah tas kain yang awet dan bisa dipakai berulang-ulang.

Mengatur dan merencanakan pembelian kebutuhan rumah tangga secara rutin misalnya sekali sebulan atau sekali seminggu. Mengutamakan membeli produk berwadah, sehingga bisa diisi ulang. Memperbaiki barang-barang yang rusak (jika masih bisa diperbaiki) dan membeli produk atau barang yang tahan lama.

Reuse (Memakai dan memanfaatkan kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang baru). Sampah rumah tangga yang bisa digunakan untuk dimanfaatkan seperti: koran bekas, kardus bekas susu, kaleng susu, wadah sabun lulur, dsb. Barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin misalnya diolah menjadi tempat untuk menyimpan tusuk gigi atau cotton-but.

Selain itu barang-barang bekas tersebut dapat dimanfaatkan oleh anak-anak, misalnya memanfaatkan buku tulis lama jika masih ada lembaran yang kosong bisa dipergunakan untuk corat coret, buku-buku cerita lama dikumpulkan untuk perpustakaan mini di rumah untuk mereka dan anak-anak sekitar rumah.
Menggunakan kembali kantong plastik belanja, untuk belanja berikutnya.

Recycle (Mendaur ulang kembali barang lama menjadi barang baru) - sampah organik bisa di manfaatkan sebagai pupuk. Sampah anorganik bisa di daur ulang menjadi sesuatu yang bisa digunakan kembali contohnya: mendaur ulang kertas yang tidak di gunakan menjadi kertas kembali, botol plastik bisa di sulap menjadi tempat alat tulis, plastik detergen, susu, bisa di jadikan tas cantik, dompet. *)


 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.