BREAKING NEWS

Thursday, 20 July 2017

Danrmil Juga Terjun di Sasaran Fisik TMMD

Danrmil Juga Terjun di Sasaran Fisik TMMD
Foto  :  dok. pendim Banyumas
BANYUMAS  - Meski kapasitasnya sebagai Danramil yang tangung jawabnya sangat besar di gelaran TMMD Reguler ke-99 Kodim Banyumas, Kapten Inf. Ruswanto selaku Danramil 02/Baturaden juga menyempatkan diri ikut ambil bagian di sasaran non fisik TMMD tersebut.

Yakni, dengan memberikan penyuluhaan tentang wawasan kebangsaan kepada para siswa siswi baru SMA Baturaden. Tampak antusias para siswa siswi baru SMA Baturaden itu mengikuti penyuluhan yang diberikan oleh Danramil Ruswanto itu.

Wawasan kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, seperti penjajahan oleh Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum colonial terus menggunakan politik “devide et impera”.

 Kendati demikian, catatan sejarah perlawanan para pahlawan itu telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha mengusir penjajah dari Nusantara.

Dalam perkembangan berikutnya, muncul kesadaran bahwa perjuangan yang bersifat nasional, yakni perjuangan yang berlandaskan persatuan dan kesatuan dari seluruh bangsa Indonesia akan mempunyai kekuatan yang nyata. *)


 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.