Prajurit Kodim 0710 Pekalongan menerima Sosialisasi Transmigrasi

Pekalongan – Kamis ( 15/6 ) bertempat di Aula Makodim 0710/Pekalongan telah dilaksanakan Sosialisasi Program transmigrasi, personel Angkatan Darat merupakan salah satu bentuk kepedulian pimpinan Angkatan Darat untuk memberikan kesempatan kepada personel Prajurit/Pns Angkatan Darat yang akan memasuki MPP/Pensiun yang dalam pelaksanaannya diintegrasikan dengan peserta transmigrasi dari umum yang diselenggarakan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Sebagai pembawa materi Kapten Caj Cornelis  menjelaskan bahwa tujuan diadakannya program transmigrasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik bagi prajurit/Pns yang mengikuti transmigrasi, Mengenai syarat dan ketentuannya adalah personel Prajurit/Pns yang sudah berstatus MPP/Pensiun dan yang telah mencapai usia maksimal 5 tahun sebelum masa pensiun dengan mendapat persetujuan tertulis dari Dan/Ka Satuan yang berwenang serta bersedia dipensiunkan (dengan surat pernyataan) 2 tahun setelah penempatan serta belum pernah mengikuti program transmigrasi.

Kapten Caj Cornelis juga menjelaskan, hak peserta transmigrasi yaitu menerima lahan seluas 2 Ha, menerima jaminan hidup sebesar Rp. 4 juta dan barang bantuan berupa peralatan pertanian, pertukangan, peralatan dapur, penerangan, klambu, sepeda dan lain-lain dari Kasad. Sedangkan kewajiban peserta transmigrasi antara lain adalah peserta harus menetap dilokasi pemukiman, menjaga aset, harus berusaha dan bekerja keras, menjaga kerukunan sesama warga serta adat istiadat setempat, menjaga lingkungan serta mematuhi dan melaksanakan ketentuan ketransmigrasian, dengan lokasi transmigrasi meliputi Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera,”Pungkasnya.

Ikut hadir dalam sosialisai antara lain pasi pers kapten Inf Nurkhan, para Danramil jajaran kodim 0710/pekalongan serta seluruh prajurit dan Pns yang tidak sedang melaksanakan dinas dalam