BREAKING NEWS

Thursday, 4 May 2017

Kasdam IV Diponegoro Tutup TMMD Reg 98 Kodim Pekalongan


PEKALONGAN  -  Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Sabar Fadilah secara resmi menutup TMMD Reguler ke-98 Kodim Pekalongan di Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kamis (4 Mei 2017).  Ikut mendampingi dalam  upacara penutupan TMMD yang  ditandai dengan penyerahan alat tersebut,  Danrem 071/Wijaya Kusuma, Kol. Inf Suhardi,  Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Inf Heri Bambang Wahyudi,  Bupati Pekalongan,  Asip Kholbihi, S.H. M.Si dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Membacakan amanat dari  KASAD, Jendral TNI Mulyono, Kasdam menyampaikan, bahwa program TMMD yang dimulai sejak tahun 1980-an yang waktu itu dengan sebutan Abri Masuk Desa (AMD), setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, TMMD diselengarakan secara intensif dengan lingkup kerja sama yang semakin meluas dengan kementrian-kementrian terkait.

Bahkan, menyampaikan sambutan KASAD,   Kasdam  Brigjen TNI Sabar Fadilah mengemukakan, bahwa mulai tahun 2017 program TMMD yang semula dielenggarakan 2 kali setahun ditambah menjadi 3 kali setahun. Hal itu dilakukan selain sebagai bentuk kepedulian TNI dalam memebantu akeselerasi pembangunan di wilayah-wilayah yang sulit terjangkau sekaligus sebagai upaya untuk melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia, yakni gotong royong.

Disambut Haru

Usai upacara penutupan, sejumlah acara dilakukan oleh Kasdam dan rombongan, yakni mulai dari penanaman pohon , pelepasan bebek dan dilanjutkan dengan peresmian jalan sepanjang 3 Km lebih dengan lebar 3 meter, yang menjadi sasaran fisik utama TMMD Reguler ke-98 Kodim Pekalongan di Desa Rogoselo. 

Usai itu, Kasdam Brigjen TNI Sabar Fadilah besama rombongan saat meninjasu sejumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang direhab dalam program TMMD Reguler Kodim Pekalongan, disambut haru oleh Mbah Carniah (74), warga Dukuh tembelang Wetan, Desa Rogoselo, salah satu warga yang rumahnya ikut  direhab Satgas TMMD dalam gelaran TMMD Kodim Pekalongan.

Mungkin rasa  senang yang begitu besar,  hingga Mbah Carniah tanpa berpikir panjang langsung memeluk haru  Sang  Jendral saat berkunjung ke rumahnya yang usai direheb oleh Satgas TMMD.  Tak sepatah katapun yang keluar dari mulut Mbah Carniah saat memeluk Kasdam IV Diponegoro itu.

Sementara itu,  dalam laporannya,  Dandim 0710 Pekalongan,  Letkol Inf. Heri  Bambang Wakyudi mengemukakan, bahwa program TMMD reguler ke-98 di wilayah kerjanya dengan desa sasaran Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, telah merampungkan sejumlah sasaran fisik. Diantaranya,  pengaspalan jalan di Desa Rogoselo Kecamatan Doro, tembus Desa Pedawang, Kecamatan Karangnyar sepanjang kurang lebih 3 KM.

Selain itu juga membangun saluran air, gorong-goeong, turab penahan longsor, merehab sebuah jembatan di perbatasan Rogoseo - Pedawang Termasuk  di sasaran fisik tambahan,  telah merehab 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga Desa Rogoselo.  Untuk sasaran non fisiknya cukup beragam, mulai penyuluhan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, bhaya ISIS, hingga penyuluhan pemberdayaan perkebebunan, dan sejumlah penyuluhan lainnya.
 
Copyright © 2017 Sapu Lidi Share on Next Generation.